Category Archives: catatan pena

  • 0

Unite Usaha

Happy graduation buat yang wisuda 21 Oktober 2017🎉🎉🎉…
buat wisuda besuk sudah disiapakan semuakah keperluannya? apa malah belum? atau masih bingung?
tenang g usah bingung,,, KSK wisuda pack & rent car kopma ada solusinya,,,
KSK menyediakan paket wisuda yang murah dan pastinya cocok buat kantong mahaiswa, yang butuh kendaraan juga ada rent car kopma…
untuk pemesanan gampang banget bisa langsung dateng ke KSK kopma atau hub cp 085725169694 / 081567979882
tunggu apalagi sekarang, segera atasi kebingunganmu mempersiapkan wisuda😉 #unssolo #unsinfo #wisudauns #makeupwisudamurah #makeupmurah #paketwisuda #paketwisudamurah #ksk #rentalmobilsolo

———————————————

Fb: Kopma UNS

Twitter: @kopmauns

IG: @kopma_uns

ID line: @uos0089o

Web: kopma.uns.ac.i


  • 0

Press Release CBT

CBT Merupakan pendidikan dasar tentang koperasi, sebagai sarana menumbuhkan dan membangun persepsi positif anggota terhadap gerakan koprasi serta diarahkan pada pengenalan dan pemahaman konsep koperasi dengan penekanan :

1) Nilai-nilai ideologi, asas, dan sendi-sendi koperasi sehingga tumbuh jiwa kesetiakawanan sosial dan sadar akan kepentingan sistem ekonomi nasional yang kooperatif dan berdimensi kerakyatan di tengah sistem ekonomi internasional yang kompetitif simultan dengan ideologi masing-masing.

2) Deskripsi dan pemahaman konseptual empiris dan proyeksi gerakan koperasi Indonesia kepada anggota, sehingga tumbuh apresiasi terhadap koperasi. Arahan selanjutnya, tidak menutup kemungkinan CBT dilaksanakan di fakultas.

Pada hari Jum’at 29 September 2017, KOPMA UNS mengadakan pendidikan dasar tentang koperasi. Acara tersebut di adakan di PUSKOM UNS (Pusat computer UNS) yang dihadiri 61 peserta. Pelaksanaan dari kegiatan CBT ini diawali dengan penjelasan tentang aturan dalam mengerjakan soal dan setelah itu pemberian soal. Keberjalanan kegiatan lancar dan diharapkan pendidikan ini menjadi tempat para anggota belajar, lebih mengenal koperasi, lebih mengenal KOPMA, dan menjadi penerus KOPMA. Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh PSDA KOPMA UNS tiap tahun dan DIKOR ini merupakan periode pertama untuk tahun ajaran 2015/2016

———————————————

Fb: Kopma UNS

Twitter: @kopmauns

IG: @kopma_uns

ID line: @uos0089o

Web: kopma.uns.ac.i

 


  • 0

7 Prinsip koperasi

Category : catatan pena

Prinsip-Prinsip Koperasi :

1. Keangotaan bersifat sukarela dan terbuka.

Maksudnya setiap keanggotaan / anggota secara sukarela memberikan modalnya sendiri-sendiri untuk di gabungkan sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan kenggotaan bersifat terbuka maksudnya terbuka untuk siapa saja yang mau menjadi anggota koperasi tersebut

2. Pengelolaan dilakukan secara demokrasi.

Karena setiap kenggotaan koperasi bebas berpendapat, tetapi yang dimaksud bebas berpendapat harus memakai aturan yang jelas berdasarkan prinsip koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan demi mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan.

3. Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota.

Maksudnya setiap hasil usaha (SHU) adalah jasa darj masing-masing anggota dan modal dari masing-masing anggota ,jadi pembagian SHU setiap anggota harus dibayar secara tunai karena disini setiap anggota adalah investor atas jasa modal,selain investor anggota koperasi adalah pemilik jasa sebagai pemakai /pelangan. SHU juga merupakan hak dari setiap anggota koperasi.

4.Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal.

Pembelian balas jasa di dalam anggota koperasi terbatas oleh besarnya modal yang tersedia. Apabila modal sedikit pembelian balas jasanya juga sedikit dan begitu juga sebaliknya, jadi dilihat dari besar-kecilnya modal anggota itu sendiri.

5. Kemandirian.

Maksudnya setiap anggota mempunyai peran, tugas dan tanggung jawab masing-masing atas setiap usaha itu sendiri, selain itu anggota koperasi di tuntut berperan secara aktif dalam upaya mempertingi kualitas dan bisa mengelola koperasi dan usaha itu sendiri.

6. Pendidikan perkoperasiaan

Maksudnya pendidikan perkoperasiaan memberikan bekal kemampuan bekerja setelah mereka terjun dalam masyarakat karena manusia disamping sebagai makhluk sosial juga sebagai makhluk individu, dan melalui usaha-usaha pendidikan perkoperasian dan partisipasi anggota sangat di hargain dan dianjurkan dalam berkehidupan koperasi, selain itu juga melalui pendidikan perkoperasiaan setiap orang dapat memenuhi kebutuhannya masing-masing.

7. Kerjasama antar koperasi.

Maksudnya adanya hubungan kerjasama antar koperasi satu dengan koperasi lainnya untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama dan dengan adanya kerjasama antar koperasi dapat mewujudkan kesejahteraan koperasi tersebut


Kategori