Category Archives: Berita

  • 0

Surakarta: Koperasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (KOPMA UNS) berpartisipasi dalam event bertajuk “UKM Expo” yang bertempat di Auditorium Kampus UNS Kentingan, Surakarta pada 19-22 Agustus 2017.

UKM Expo adalah event yang digelar dalam rangka memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di UNS. Apalagi buat maba yang sudah “kepo” alias ingin tahu banget UKM yang ingin dia ikuti, rasanya wajib untuk datang ke acara ini. Hingga 2017, ada setidaknya 30an UKM yang ada di UNS. .

KOPMA UNS telah memperkenalkan diberbagai kesempatan di acara Expo, dimana dihari pertama Kopma uns telah mempresentasikan didepan panggung pada tanggal 19 bertepatan pada pukul 14.00 WIB, dihari kedua pada tanggal 20 bertepatan pada pukul 12.00WIB, dan dihari ketiga pada tanggal 21 pada pukul 13.00 WIB. Dan materi yang dibawakan adalah tentang lembaga kader dan proker-proker serta kegiatan yang ada dikopma uns.

Selain menampilkan UKM, Kopma UNS Expo 2017 Ini juga mendapat antusias dari mahasiswa baru dimana ditandai dari penuhnya stand kopma uns yang dipenuhi oleh mahasiswa baru. Ingin tahu seperti apa suasananya? Berikut kami sajikan foto-fotonya.
=============================
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Humas Koperasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta
IG: @kopma_uns
Fb: Kopma UNS
Line: @uos0089o
Twitter: @kopmauns
Website: kopma.uns.ac.id


  • 0

Ulang Tahun KOPMA UNS ke-34

Surakarta, Hari ulang tahun ke-34 Tahun KOPMA UNS telah melakukan perjalanan panjang. Dan beberapa tantangan telah menerpa koperasi ini naum tetap dilewatinya dengan baik.

Dengan tema “muda, produktif, menginspirasi“ KOPMA UNS merayakan peringatan Hari Ulang Tahun yang ke-34 dengan sederhana. Rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat yang selalu menyertai langkah koperasi mahasiswa hingga mencapai usia Perayaan ulang tahun kali ini dilakukan dengan beberapa kegiatan sesuai dengan apa yang disebut RAT (Rangkaiian Acara Tahunan) yang selalu ada di setiap tahunya. Dimana kegiatan ini diawali dengan kegiatan:
1. Lomba Poster dan Fotografi pada tanggal 16 desember 2016 sampai januari 2017 melalui media online Instagram
2. Pra RAT Kopma 33 pada tanggal 6 januari 2017 bertempat di ruang siding MAWA lantai 2
3. SCOOPO (Solo Cooperative Expo) pada tanggal 29 januari 2017 bertempat di Car Free Day Sriwedari
4. Bakti Sosial Kopma UNS pada tanggal 4 februari 2017 bertempat di SABS (Sekolah Alam Bengawan Solo)
5. RAT Kopma 33 pada tanggal 10-12 Februari 2017 bertempat diruang Sidang MAWA lantai 2

Puncak acara rangkaian HUT ke- KOPMA UNS ini jatuh pada tanggal 17 februari 2017 bertempat di Stusent Center UNS.

Harapan dari pengurus, karyawan, dan anggota KOPMA UNS di usia koperasi yang ke- 34 kali ini ditandai dengan syukuran melalui potong tumpeng dan dilanjutkan makan bareng karyawan, pengurus dan anggota Kopma Uns.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :
Humas Koperasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta

=============================
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Humas Koperasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta
IG: @kopma_uns
Fb: Kopma UNS

Line: @uos0089o
Twitter: @kopmauns
Website: kopma.uns.ac.id


  • 0

Istilah entrepreneur sudah tidak asing lagi untuk zaman sekarang. Entrepreneur diartikan sebagai seseorang yang membawa perubahan berupa ide-ide baru atau inovasi sehingga menghasilkan suatu karya yang baru dan hebat. Seiring berkembangnya zaman, entrepreneur sekarang lebih dikenal dengan creativepreneur yang merupakan gabungan dari dua kata yakni, creative dan
entrepreneur yang berarti pelaku usaha kreatif. Creativepreneur lebih banyak ditekuni oleh generasi muda yang melakukan bisnis dengan ide-ide yang lebih kreatif. Untuk menjadi creativepreneur, diperlukan memiliki jiwa wirausaha dan semangat yang tinggi. Serta pikiran yang kreatif sangat penting untuk menjadi creativepreneur agar menghasilkan ide baru yang dapat menciptakan suatu produk yang diminati dan disukai oleh banyak orang.

Pada hari Rabu, 23 agustus 2017, KOPMA UNS bekerja sama dengan TDA Soloraya
mengadakan Talkshow Kewirausahaan dengan tema “Berawal dari IDE berubah jadi GEDE” Acara tersebut diadakan di Ruang Diskusi Ilmiah Lantai 2 UPT Perpustakaan UNS yang dihadiri sekitas 40 peserta acara yang dimoderatori oleh Irvan Kurniawan pengurus dari DETEKSI, dimana pembicara yang dihadiri sudah malang-melintang di dunia bisnis, khususnya bisnis creative preuner.

Acara dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan acara inti, yaitu penyampaian materi, tanya-jawab, dan penutupan. Pada acara tersebut, terjadi feedback antara pemateri dan peserta kajian. Hal ini ditunjukkan dari antusiasme peserta kajian dalam mengajukan pertanyaan saat sesi tanya-jawab dibuka. Para peserta terlihat tertarik dengan peluang bisnis yang ada, di mana bisnis dapat dijadikan sebagai ajang pengembangan diri dan dapat diaplikasikan dari hal-hal yang kecil dahulu.
#creativepreneur, # TDA Soloraya, #Bravokopma.
=============================
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Humas Koperasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta
IG: @kopma_uns
Fb: Kopma UNS
Line: @uos0089o

Twitter: @kopmauns
Website: kopma.uns.ac.id


  • 0

KOPMA UNS juara III Duta Koperasi

IMG-20160719-WA0010[1]Bravo KOPMA !!!

Satu lagi bukti bahwa Koperasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret tidak hanya berfokus pada pengembangan Unit Usaha, tetapi juga berfokus pada pengembangan organisasi dan kemampuan anggotanya. Pada tanggal 16 Juli 2016, Maulia Siti Mukharohmah anggota KOPMA UNS yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang juga merupakan Anggota Pengawas II KOPMA UNS berhasil menjadi Juara III Duta Koperasi Kota Semarang.

Dalam Acara yang di selenggarakan oleh DEKOPINDA Semarang tersebut, Rohmah (delegasi KOPMA UNS) berhasil mengalahkan pesaing –  pesaingnya yang berasal dari seluruh Indonesia dengan berbagai profesi sebanyak 17 orang. Rohmah berhasil menjadi Runner Up II setelah melalui berbagai babak, babak Pertama ialah Tes tertulis, di babak ini peserta di uji pengetahuannya mengenai perkoperasian, Dekopinda dan Kota Semarang. Babak kedua  ialah Tes Wawancara, dalam tes kali ini peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi apabila dia terpilih menjadi duta koperasi dan dekopinda. Babak ketiga, merupakan babak yang menuntut peserta untuk menunjukkan bakat yang dimilikinya dengan maksimal, dan dalam babak ini delegasi Kopma UNS menunjukkan kemampuannya dalam geguritan. Babak terakhir, ialah Grand Final. Grand final acara lomba duta koperasi kota semarang diikuti oleh enam (6) peserta dan diputuskan juara acara ini.

Setelah perlombaan di laksanakan dan telah di tentukan pemenangnya pada acara sebelumnya, akhirnya pada tanggal 19 juli 2016, ketiga duta koperasi kota semarang di resmikan oleh walikota semarang di balaikota semarang.

 

 

 

Simpan


  • 0

Donor Darah KOPMA UNS

IMG_20160513_105048Bravo KOPMA !!!

Syukur Alhamdulillah, KOPMA UNS sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Sebelas Maret yang bergerak di bidang Pengembangan Sumber daya anggota dan Kewirausahaan, pada hari Jumat, 13 Mei 2016 bekerjasama dengan PMI Surakarta berhasil menyelenggarakan Donor Darah yang bertempat di kantor pusat KOPMA UNS.

Donor Darah hari ini merupakan donor darah yang pertama dalam  kepengurusan tahun ini. Kegiatan rutin yang di selenggarakan setiap tiga (3) bulan sekali ini merupakan wujud pengabdian dan kepedulian  kopma kepada masyarakat. Kopma yang bergerak di bidang kewirausahaan dan telah memiliki beberapa unit usaha memang sudah pantas untuk menyisihkan anggarannya sebagai dana Corporate Social Responsibility ( CSR ). Salah satu wujud CSR KOPMA UNS ialah melalui Kegiatan Sosial Donor Darah. Selain itu, kegiatan donor darah kali ini juga sebagai suatu upaya menyongsong datangnya bulan suci Ramadhanyang jatuh pada bulan Juni nanti. Pasalnya Palang Merah Indonesia (PMI) membutuhkan stok kantong darah yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan darah pada bulan ramadhan.

Dimulai pukul 08.00 WIB dan di tutup pendaftaranya pukul 11.00 WIB, setelah calon pendonor melakukan pendaftaran dan pengisian form pendaftaran, calon pendonor selanjutnya melakukan tes kesehatan untuk mengetahui apakah yang bersangkutan telah layak untuk diambil darahnya oleh petugas. Akhir dari proses tersebut ialah terdapat tujuh belas (17) orang yang berhasil melakukan donor darah. Pendonor pada kegiatan sosial kali ini semuanya bersasal dari mahasiswa UNS yang terdiri dari beberapa Fakultas baik dari anggota kopma maupun juga bukan anggota kopma. Donor darah kali ini juga berjalan dengan lancar, terbukti dengan tidak adanya satupun pendonor yang mengalami pusing ataupun mual.

Kedepannya, semua berharap bahwa kegiatan sosial semacam ini terus diselenggarakan agar dapat membantu sesama, mengoyak laba tanpa melupakan lingkungan sekitar.

“save human life with your bloods”

Bravo KOPMA !!!!!


Kategori