SEMINAR KOPERASI NASIONAL “KOPERASI PEMUDA SEBAGAI PELOPOR KEBANGKITAN EKONOMI BANGSA”

  • 0

SEMINAR KOPERASI NASIONAL “KOPERASI PEMUDA SEBAGAI PELOPOR KEBANGKITAN EKONOMI BANGSA”

Category : Uncategorized

Acara ini dilaksanakan pada hari minggu, 6 September 2015 yang bertempat di aula FEB. B
ertindak sebagai moderator Ketua Umum KOPMA UNS Aji Indo Sabiila Gusti MIPA 2011. Dibawakan dengan apik oleh narasumber Yuni Wartono S.Ag, M.M selaku perwakilan Dekopinda Surakarta, Prof. Dr. Ir. Darsono M.Si selaku wakil rektor 3 UNS, dan Drs. Agung Sujatmoko M.M selaku ketua harian Dekopin pusat yang juga mantan ketua Umum KOPMA UNS selama dua periode 1990-1994. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Surakarta Hj. Nur Haryani S.E, M.M. Jumlah peserta yang hadir pada acara tersebut 192 mahasiswa baik dari angkatan 2015 maupun yang sudah lama.

Koperasi merupakan soko guru perekoSeminar Koperasinomian Indosesia,  maka keberadaan dan eksistensinya diakui oleh undang-undang. Untuk itu kita sebagai bangsa Indonesia harus ikut serta dalam membangun perekonomian yang berdasarkan asas kekeluargaan yaitu wadah koperasi. Walaupun begitu, dalam prakteknya koperasi masih kalah dengan badan usaha lain. Karena masih banyak masyarakat yg tidak paham dengan kegitan koperasi.

Menurut undang-undang No.25 tahun 1992 pasal 4 bahwa fungsi dan peran koperasi sebagai berikut:

  1. Membangun dan mengembangkan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya .
  2. Berperan secara aktif dalam upaya mempertinggi kuaitas kehidupan manusia dan masyarakat.
  3. Memperkokok perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko gurunya.
  4. Berusaha untk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional, yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Dengan menerapkan dan melaksanakan keseluruhan dari peran dan tugas serta prinsip tersebut diharapkan perkoperasian Indonesia dapat mewujudkan dirinya sebagai badan usaha sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berwatak sosial.


Leave a Reply

Kategori