Senangnya Kumpul Bareng Teman Dekat, Kunjungan KOPMA UAD Yogyakarta

  • 0

Senangnya Kumpul Bareng Teman Dekat, Kunjungan KOPMA UAD Yogyakarta

Category : Uncategorized

Koperasi merupakan salah satu badan usaha yang berazazkan kekeluarkaan. Selain itu, keberjalanan koperasi juga ada prinsip yang mendasari. Prinsip koperasi itu sendiri ada 7. Ketujuh prinsip tersebut adalah 1) Keanggotaan bersifat terbuka dan sukarela; 2) Pengelolaan dilakukan demokratis; 3) Pembagian sisa hasil usaha (SHU) dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota; 4) Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal; 5) Kemandirian; 6) Pendidikan perkoperasian; 7) Kerjasama Antar koperasi. Mengenai prinsip yang ketujuh yaitu kerjasama antar koperasi adalah kerjasama dengan koperasi lain. Kerjasama tersebut dapat berupa kerjasama usaha ataupun yang lain. Dalam rangka tersebut, Kopma UNS selalu terbuka akan kerjasama-kerjasama yang ingin dilakukan dengan Kopma lain. Menerima kunjungan dari Kopma lain adalah kehormatan bagi kami. Selama periode ini sudah ada 4 kopma yang berkunjung ke Kopma UNS, diantaranya yaitu Kopma STAIN Pekalongan, Kopma Unmuh Ponorogo, Kopma Universitas Siliwangi, dan Kopma UAD.

Minggu, 8 November 2015, Kopma Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta berkunjung ke Kopma UNS. Event Jambore adalah yang mempertemukan Kopma UNS dengan Kopma UAD karena pernah menjadi 1 tim saat lomba kreasi seafood hasil laut Bengkulu. Tali silaturahmi inipun terus berlanjut hingga kepengurusan dan kelembagaan dari Kopma UAD berkunjung ke UNS.

Keberjalanan kunjungan hari ini sangat lancar. Tamu dari UAD sangat semangat mengikuti acara demi acara. Dengan mengusung tema full diskusi, content dari kunjungan ini membawa pertukaran pengetahuan antar kopma yang akan membangun satu sama lain. Bertempat di Ruang Sidang Mawa UNS membawa diskusi ini lebih khusyuk (apa sih admin ini bahasanya :D), dan dipenghujung acara, ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari kedua belah pihak. Moment tak terlupakan adalah foto bersama.

Bertemu dengan kawan memang menyenangkan, teman bertambah, ilmu bertambah, dan pastinya hal ini akan membawa kebaikan untuk kopma masing-masing. Terima kasih Kopma Universitas Admad Dahlan (UAD), Yogyakarta yang telah berkunjung ke Kopma UNS. Sampai jumpa lain kesempatan. Salam hangat dari kami.


Leave a Reply

Kategori