Pendidikan Tertinggi KOPMA UNS, PMKU

  • 0

Pendidikan Tertinggi KOPMA UNS, PMKU

Category : Uncategorized

Sebuah kehidupan membutuhkan prinsip, begitu pula dengan organisasimaupun badan usaha juga membutuhkan prinsip. Mengingat KOPMA UNS adalah sebuah koperasi, maka ia mengacu pada 7 prinsip koperasi yang salah satunya adalah pendidikan perkoperasian. Di KOPMA UNS, ada beberapa tataran pendidikan untuk anggota. Yang pertama diawali dengan CBT (Cooperative Basic Training) yaitu pendidikan dasar perkoperasian yang ditujukan untuk calon anggota KOPMA UNS. Pendidikan yang selanjutnya yaitu DIKOR (Pendidikan Organisasi) yaitu pendidikan tahap kedua setelah CBT yang sasaran pesertanya adalah anggota yang sudah melakukan CBT. Dan yang terahir, pendidikan tertinggi di KOPMA UNS yaitu PMKU (Pendidikan Manajemen KOPMA UNS). Pada tahap pendidikan ini sasarannya adalah anggota yang sudah mengikuti DIKOR.

Pada tahun ini, PMKU dilaksanakan pada tanggal 19-20 Desember 2015 di Candi Sukuh, Karanganyar yang diikuti oleh 24 anggota terbaik KOPMA UNS. PMKU merupakan sarana belajar tentang bagaimana memanajemen KOPMA UNS sehingga materi yang diberikan seputar manajemen KOPMA UNS. Manajemen KOPMA UNS dipegang oleh pengurus dan pengawas. Jadi, materi PMKU adalah mendalami masing-masing bidang yang ada termasuk pengawas dan ketua umum.

Dengan penuh semangat dan keceriaan, acara berlangsung dengan meriah. Para peserta mengikuti PMKU dengan antusias. Setiap sesi mereka aktif simulasi dan bertanya kepada setiap pemateri. Tapi jangan anggap mereka selalu serius ya. Meraka sangat kocak dan senyum lebar selalu tertanam dibibir kami. Selain mendalami ranah kognitif dari menajamen KOPMA, ajang peningkatan kreativitas juga ditunjukkan dengan adanya acara pensi yang mengusung empat tema. Selain itu, pada hari kedua diberikan pengajaran afektif dan psikomotor melalui outbond. Tempat pelaksanaan outbond yaitu di TAHURA (Taman Hutan Raya). Tempat yang sangat hijau, pemandangan yang sangat memanjakan mata. Kebersamaan ini sungguh semakin tak kan terlupakan.

Diakhir acara, sebagai apresiasi bagi peserta PMKU, dinobatkan peserta terfavorit dan penanya terbaik. Selain itu, ada juga apresiasi untuk penampilan/ pensi terbaik dan kelompok outbond yang terbaik. Dan akhirnya, acara PMKU selesai. Kebersamaan yang tak terlupakan. Ilmu yang tak kan tergantikan.

Peserta PMKU, kalian lah harapan KOPMA, penyambung tongkat estafet manajemen KOPMA UNS. Tetap Semangat. #BRAVO


Leave a Reply

Kategori